Senin, 09 Juli 2012

Karakteristik dan Jenis Musik
Aliran
Pada awal pembentukannya, Blink beraliran pop. Bahkan sampai rilis Dag Dig Dug pun tetap mengusung aliran tersebut. Akan tetapi, setelah Blink masuk dalam proyek Putih Abu-Abu dirasakan satu aliran tidak cukup untuk mengangkat tema yang ada. Maka terjadilah aransemen ulang terhadap Dag Dig Dug atau biasa disebut Dag Dig Dug versi Remix, yang pertama kali diperdengarkan lewat adegan Flash Mob bersama-sama guru-guru dan murid-murid SMU Cendrawasih. Ternyata tanggapan publik sangat bagus. Demikian juga pada About You dan Sejuta Rasanya, hanya saja Blink lebih menambahkan unsur elektronika. Disamping itu versi akustik dari lagu-lagu juga dirilis. Ini jelas bukan sebuah eksperimen mengingat kesuksesan dengan genre pop. Tetapi, ternyata versi akustik juga banyak yang menyukai dan berhasil dengan baik.
Lebih spesifik, ada perbedaan cukup mencolok antara versi biasa (pop) dengan versi akustik. Dari lagu Andaikan misalnya, versi akustiknya mengadopsi gaya piano ballad-oriented, sedangkan versi pop dikemas lebih ringan. Contoh lainnya versi akustik Takut yang diiringi gitar ringan tetapi sangat menonjolkan vokal Sivia, sedangkan versi biasa didominasi unsur-unsur musik yang lebih matang. Kedua lagu tersebut mudah dipahami sebagai perpaduan sesuatu yang kelam dengan kepolosan khas remaja, namun dikemas dengan sangat menyentuh dari segi musik dan liriknya sehingga memunculkan nuansa yang lain. Sejuta Rasanya pun demikian, versi akustik pianonya dikemas lebih melodis dan sangat menghanyutkan.
Dalam lagu Jatuh Cinta dan Cinta Pertama, Blink mengeksplorasi penggabungan yang menampilkan vokal melodis dan power ballad dengan iringan pop (elektro) yang lebih ringan.
Teknis
Untuk versi akustik Blink banyak menggunakan improvisasi teknik melodi piano dari Ify yang bermain lebih lembut dan petikan gitar dari Shilla serta Pricilla. Selain itu, improvisasi vokal Sivia juga sering muncul di banyak lagu. Untuk versi pop / pop (elektro) berlaku lain, selain daripada dance, setiap personel punya bagian masing-masing. Dan terkadang Shilla berteriak dalam pembukaan lagu.
Lirik
Konten lirik lagu-lagu Blink (dalam sinetron Putih Abu-Abu) semuanya bercerita tentang cinta masa-masa remaja yang dikemas dengan lugas dan sebagian mewakili perasaan "cinta pertama" yang dialami para remaja.
Personel
Berikut adalah para personel Blink:
Stage Name
Birth Name
Position
Music Tools
Fandom
Ify Blink
Alyssa Saufika Umari
Main Vocal, Piano Player
Acapella, Piano, Keyboard, Guitar, Keytar, Viola
IFC (Ify Club)
Ashilla Blink
Ashilla Zahrantiara
Main & Sub Vocal, Guitar Player (Sub), Dancer, Public Spoken
Acapella, Guitar, Piano, Viola, Trumpet
Shivers (ShillaFevers)
Pricilla Blink
Elisabeth Agatha Pricilla Soekamto
Vokal, Guitar Player (Main), Public Spoken, The Maknae
Acapella, Guitar
Pricillious
Sivia Blink
Sivia Azizah
Main & Special Vocal, Public Spoken
Acapella, Percussion
SiviaHolic
Febby Blink
Febriani Rantanty
Vokal, Dancer
Acapella, Percussion
Febbies
Televisi

Awalnya, anggota Blink hanya membentuk musik saja yang organisasi Blink Girlband. Tetapi, Blink juga tampil di televisi punya Blink Girlband. Namanya adalah Blink Channel. Blink Channel adalah sebuah televisi nasional berjaringan swasta. Selain Blink tampil di televisi B-Channel, ia juga mau tampil di Putih Abu-Abu yang ditayangkan di SCTV, dan B-Channel beserta beberapa televisi lokal yang juga anggota jaringan dari B-Channel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar